Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Sidiq

Si Cantik Anggrek

ANGGREK (Orchidaceae)

Anggrek atau Orchidaceae merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Kebanyakan tumbuhan ini hidup sebagai epifit atau tumbuhan yang menumpang pada tumbuhan lain, terutama yang hidup di daerah tropika. Sedangkan anggrek yang hidup di daerah dengan iklim sedang biasanya hidup ditanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin. Organ-organ tumbuhan anggrek cenderung tebal dan berdaging atau sukulen, hal ini membuat tumbuhan anggrek tahan menghadapi tekanan ketersediaan air.

CARA MEMPERBANYAK TANAMAN ANGGREK

Ada banyak cara untuk memperbanyak tanaman anggrek, bisa dengan cara stek batang, pembelahan anakan,dan bibit keiki.

- Stek Batang

Cara memperbanyak tanaman anggrek dengan stek batang yaitu dengan memotong batang anggrek sepanjang 80cm dari pucuknya. Potongan tersebut kemudian ditanam dan ditunggu selama kurang lebih enam bulan. Setelah ditunggu selama enam bulan, bibit anggrek yang sudah di stek tersebut akan tumbuh tunas beru sepanjang 60 cm dan sudah berakar. Tunas inilah yang nantinya akan digunakan sebagai bahan stek untuk memperbanyak tumbuhan anggrek.

- Pembelahan Anakan

Cera memperbanyak tumbuhan anggrek dengan metode pembelahan anakan yaitu dengan memisahkan bulb yang sudah kering dan tidak memiliki daun. Bertujuan agar mata tunas yang ada dibawah bulb bisa tumbuh menjadi tanaman baru. Pemisahannya dilakukan dengan cara memotong setengah lingkaran rhizome menggunakan pisau tajam.

- Bibit Keiki

Bibit keiki tumbuh dari buku batang anggrek dewasa dan biasanya arah pertumbuhannya cenderung keatas. Bibit keiki dapat dipisahkan dari tanaman induk Ketika sudah memiliki banyak akar.

 

 

 

CARA MERAWAT TANAMAN

            Ada 6 poin yang perlu diperhatikan untuk merawat tanaman anggrek yaitu meida tanam dan pot, tempat penyimpanan, cara menyiram, memotong bagian tertentu, pemberian nutrisi, serta menjaga dari hama.

1. Siapkan pot dan media tanam yang sesuai

Ada bebrapa pilihan untuk media tanam yang digunakan untuk menanam bunga anggrek. Biasanya menggunakan media tanam berbasis lumut atau batang pohon.

Namun media manapun yang akan dipakai pastikan bahwa pot yang digunakan memiliki drainase yang baik

2. Letakkan di tempat yang tepat

Tanaman anggrek menyukai sinar matahari untuk tumbuh. Namun, tumbuhan yang satu ini tidak suka bila terkena sinar matahari langsung. Maka dari itu perlu penempatan yang tepat missal pada area sekitar jendela yang menghadap ke timur atau Selatan.

 

3.  Cara menyiram bunga anggrek

Yang terpenting dalam menyiram tanaman ini adalah tidak membiarkan media tanam terlalu lembab. Apabila media tanaman mulai kering kita harus menyiramnya lagi.

 

4.  Potong bagian tanaman anggrek

Selain jenis anggrek ngengat, tanaman yang satu ini tidak akan kembali perbunga pada batang yang sama. Maka dari itu, kamu harus memotong batang bagian yang tepat agar anggrek tumbuh optimal.

 

5.  Berikan nutrisi tambahan

Tanaman anggrek perlu diberkan pupuk sebanyak satu bulan sekali pada saat sedang berbunga. Setelah diberi pup[uk jangan dulu menyiram anggrek selama nbebrapa hari kedepan agar nutrisi air tidak terbuang bersama air melalui drainase.

 

6. Bebaskan dari hama dan penyakit

Hama pada tanaman anggrek biasanya adalah kutu tempurung dan kutu putih yang mjenyebabkan daun menjadi lengket. Saat terkena ham aini, kamu bisa menyingkirkanya dengan tangan dan membersihkan daunya dengan air sabun.

Jika serangan ham aini membuat bagian tanaman berubah warna atau layu, pangkaslah bagian yang terinfeksi hama agar penyakit tidak menyebar, namun pastikan alat pangkas yang kamu gunakan sudah steril.

 

MANFAAT TANAMAN

Anggrek menjadi salah satu tanaman hias yang kerap dijadikan pilihan untuk menghiasi halaman rumah maupun sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan didalam rumah namun ternyata disamping keindahan bunganya, anggrek juga memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan, bunga anggrek memiliki kandungan sifat antibiotic dan diyakini oleh beberapa peneliti dapat dijadikan sebagai obat alami. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga anggrek untuk Kesehatan yang dapat anda ketahui.

- Meredakan masalah pernapasan

Bunga anggrek jenis gading diketahui dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah pernapasan seperti, alergi, asma hingga disentri. Cara pengolahanya yaitu dengan menghaluskan beberapa bunga anggrek kemudia rebus hingga mendapat ekstraknya.

- Meredakan demam

Salah satu manfaat bunga anggrek adalah dapat digunakan sebagai obat demam

- Meredakan sakit perut

Dilansir dari Homeopathy, daun anggrek dapat digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan dan maag. Beberapa bahan campuran yang digunakan pun cukup mudah ditemukan dirumah.

- Mencegah penuaan dini

Siapa sangka ternyata bunga anggrek juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini karena kemampuanya dalam menyimpan air maka bunga anggrek dijadikan salah satu bahan kosmetik.

- Meningkatkan kualitas udara

Penelitian dari NASA mengungkapkan, bahwa anggrek dendrobium dapat menghilangkan senyawa yang berbahaya dari udara seperti, formaldehida,toluene, dan xilena.

- Meningkatkan fokus

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan menemukan bahwa dengan berada di sekitar tanaman seperti anggrek dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, bahkan mampu meningkatkan retensi memori sampai 20 persen.

- Mengurangi stress

Aroma wangi dari bunga anggrek diyakini dapat membuat semua orang menjadi rileks. Jadi, dengan mendekorasi rumah dengan bunga anggrek dapat membantu kalian menjadi rileks dan mengurangi stress.