Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Sidiq

Apa Itu Tanaman Monstera ?

Tanaman hias monstera ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar tanaman hias. Bentuk daunnya yang lebar dengan ciri khas sobekan yang terkesan abstrak menambah keunikan dari tanaman ini, maka tidak heran tanaman monstera menjadi favorit kebanyakan orang. Monstera berasal dari Meksiko selatan dan beberapa wilayah di Amerika selatan. Tanaman monstera memiliki habitat di hutan hujan sehingga tanaman ini cocok tumbuh di tempat yang bersuhu rendah dengan kelembapan yang tinggi. Itulah sebabnya tanaman monstera cocok untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Ada 2 jenis monstera yang sering kita jumpai dan mudah untuk dikenali. Yang pertama ada monstera Delicosa. Ciri khas monstera delicosa ini adalah terletak di daunnya yang sangat lebar dan berbentuk menyerupai hati. Pada daunnya terdapat lubang-lubang besar yang membuat helaian daunnya terlihat seperti jari-jari. Yang kedua ada monstera borsigiana. Hampir sama dengan monstera delicosa, hanya saja monstera borsigiana ini memiliki ukuran daun yang lebih kecil dan tangkainya  yang lunak membuat monstera jenis ini cenderung tumbuh menjuntai.

Merawat tanaman monstera itu tergolong mudah, pastikan jangan menempatkan tanaman ini ditempat panas dan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Pastikan juga media tanam yang dipakai porous dan selalu cek kelembapan medianya. Ketika akar tanaman mulai keluar dari bagian dasar pot, segera pindahkan tanaman ke pot dengan ukuran yang lebih besar. Apabila tananaman ini berada dalam ruangan, rutinlah minimal 1bulan sekali untuk dikeluarkan ke luar ruangan supaya bisa mendapatkan hawa alam yang menyehatkan bagi tanaman itu sendiri. Jangan lupa rutinlah juga untuk memberikan nutrisi atau pupuk pada tanaman mosntera. Nutrisi dapat diberikan dengan cara menyemprotkan pupuk daun seminggu sekali atau memberikan pupuk slow release pada media satu bulan sekali.